Virtual
Laboratory atau VLab
adalah proses pembelajaran elektronik dengan menggunakan simulasi
komputer. Vlab merupakan media yang digunakan untuk membantu memahami
suatu pokok bahasan dan dapat mengatasi keterbatasan atau ketiadaan perangkat
laboratorium. Vlab dapat juga diakses melalui web sebagai supplement
perkuliahan.
Bila dilihat dari karakter CNC yang menggunakan kode
standar dalam pengoperasiannya, maka membuat Virtual Laboratory CNC bisa lebih mudah diimplementasikan. Pada
dasarnya mesin CNC bekerja dengan program komputer, maka simulasi-simulasi
komputer yang menjadi dasar pembuatan Virtual
Lab dapat dibuat dengan merubah kode-kode standar dalam pengoperasian CNC
menjadi bentuk simulasi atau animasi.
Tahapan pembuatan Virtual Lab CNC harus berdasar pada tujuan dalam penggunaan Virtual Lab, agar tidak menghilangkan
esensi dari kegiatan praktek. Menurut Amin Berqia dkk. (2002) ada beberapa
tahapan dalam penggunaan Virtual
laboratory yaitu :
1.
Registrasi, setiap siswa yang akan masuk
VLab harus mendaftar, jika belum
terdaftar, system harus menanyakan siswa agar mendaftar terlebih dahulu sebelum
masuk VLab.
2.
Login Praktek,
setiap siswa yang dapat memasukan login
dan password yang benar, dia bisa
masuk VLab dan dapat memilih jenis
praktek yang terdaftar di VLab.
3.
Kegiatan Praktek di VLab.
Berdasarkan
tahapan tersebut, pembuatan Vlab CNC
harus memungkinkan adanya ruang untuk melakukan registrasi dan login agar
perkembangan kemampuan setiap siswa bisa terpantau. Setiap siswa mempunyai ruang
tersendiri (melalui login) yang tidak
bisa dimasuki oleh siswa lain.
Setelah siswa berada pada ruang Vlab masing-masing, mereka akan dihadapkan pada struktur modul yang
disusun berdasarkan tingkatan kemampuan praktek dan urutan kerja. Urutan kerja
hendaknya sesuai dengan prosedur praktek yang sebenarnya. Amin Berqia dkk.
(2002) menggambarkan struktur modul dalam Vlab
sebagai berikut :
1.
Pre
laboratory section
Pre laboratory section,
diarahkan untuk memberikan tingkat pemahaman kepada siswa terhadap materi
praktek. Ketika siswa merasa siap, mereka harus masuk pada perangkat yang bisa
disebut “Quiz” yang berisi pertanyaan berupa pilihan ganda atau essay. Setelah
mereka berhasil mendapat nilai sesuai standar minimal quiz, siswa dapat
mengakses materi praktek berikutnya.
Pada VLab CNC ruang ini berisi materi yang
berkenaan dengan pemahaman siswa terhadap kode-kode standar dalam pengoperasian
CNC disertai dengan simulasi-simulasi atau animasi dari masing-masing kode.
Sebagai contoh Kode G01 (perintah interpolasi melingkar) memiliki rangkaian
perintah G01 X…, Z…., maka dibuat simulasi gerakan berupa penyayatan benda
kerja secara linier. Panjang dan kedalaman penyayatan ditentukan oleh nilai X
dan Z. Sebelum masuk tahap berikutnya siswa diberikan test pemahman terhadap
semua perintah.
2.
Laboratory
section
Laboratory section, diarahkan
untuk menciptakan lingkungan praktek yang mirip atau sesuai dengan laboratoriun
sesungguhnya. Amin Berqia dkk. (2002) menyebutnya A web-learning environment atau WebCT. Halaman WebCT course menampilkan sesi praktek kerja, siswa memilih job
(pekerjaan), rincian penjelasan dan petunjuk operasi.
Pada Vlab CNC, ruang ini berisi
latihan-latihan siswa dalam membuat produk melalui program CNC. Animasinya
berupa kesatuan perintah yang ada pada ruang Pre laboratory section sehingga menghasilkan gerakan penyayatan
yang kontinyu dan membentuk model benda kerja yang diinginkan. Ketika terjadi
kesalahan perintah akan muncul alarm sebagai peringatan sesuai jenis
kesalahannya. Pada ruang ini pun dibuat online melalui WebCT sehingga terjadi interaksi dengan lingkungannnya.
3.
Post
laboratory section
Post
laboratory section, siswa harus bisa membuktikan apakah mereka
telah belajar sebelumnya dan mengirimkan hasil dari praktek kerja. Pada Final Quiz siswa dapat menunjukkan
kemampuannya.
Pada Vlab CNC, Ruang ini digunakan untuk
evaluasi dimana guru dapat memeriksa hasil praktek siswa dan memberikan
komentarnya.
Untuk menciptakan kondisi Vlab yang sesuai dengan karakter laboratorium sesungguhnya, harus
diciptakan suatu lingkungan seolah-olah memindahkan reality lab ke dalam Virtual
lab. Menurut Isaac Rudomin, dkk
(2000), lingkungan Vlab harus
memenuhi karakteristik sebagai berikut :
1.
Ruangan, semua user seolah-olah berada dalam ruangan yang sama, baik lingkungan
tertutup atau lingkungan terbuka, semua user
memiliki kesempatan yang sama dalam berinteraksi.
2.
Kehadiran. Setiap user yang berada dalam lingkungan Vlab harus diwakili kehadirannya dalam simulasi secara utuh.
3.
Waktu. Setiap user harus memungkinkan dapat mengamati kegiatan user lain dalam Vlab, ketika mereka praktek.
4. Mekanisme Komunikasi. Visualisasi
lingkungan Vlab memungkinkan user dapat berkomunikasi melalui suara
atau teks.
5.
Mekanisme Sharing. Setiap user
dapat bertukar informasi atau manipulasi setiap objek dalam simulasi.
Agar
Vlab-CNC sesuai dengan karakteristik
di atas, maka perlu ditambahkan ruangan (space) yang memungkinkan adanya
kehadiran, kosultasi, diskusi dan tukar informasi, dimana satu sama lain bisa
mengakses. Tetapi ketika evaluasi dilakukan, akses tersebut hendaknya
ditiadakan, sehingga setiap siswa bisa konsentrasi dengan pekerjaannya.
Daftar Pustaka:
Amine
Berqia, dkk (2002). A Virtual Laboratory for Practical Exercises. Dalam International Conference on Engineering
Education [online], 5 halaman. Tersedia: http://vitels.ch/doc/ICEE2002Manchester.pdf [7 November 2008]
Isac
Rudomin, dkk (2000). Virtual Laboratory
[online], 8 halaman. Tersedia: http://rudomin.cem.itesm.mx/rudomin/Isaac%20Rudomin_files/papersIRGlabvr-micai-2002.pdf [8 November 2008]
Marcin
Lawenda, dkk (2004). General Conception of the Virtual Laboratory. Dalam Journal of Networking Centre [online], 4
halaman. Tersedia : http://man.poznan.pl /~lpopenda/HomePage/pub/LNCS30381013.pdf
[6 November 2008]
Tuti
Purwoningsih, dkk (2008). Virtual Lab sebagai salah satu alternatif media Pembelajaran Pendidikan Terbuka dan
Jarak Jauh [online]. Tersedia: http://bundaanang.wordpress.com/2008/04/16/virtual-laboratory
[8 November 2008]
0 Response to "Virtual Laboratory pada Mesin Computer Numerical Control (V-Lab CNC)"
Post a Comment