Mesin Penghancur Kertas dengan Sistem Pemotongan Zigzag

Mesin Penghancur Kertas
Mesin Penghancur Kertas dengan Sistem Pemotongan Zigzag - Mesin penghancur kertas atau juga dikenal dengan nama paper shredder adalah mesin yang berfungsi untuk memotong kertas hingga mencapai ukuran tertentu sesuai dengan kapasitas dan jenis pemotongnya. Mengapa mesin ini penting dan dibutuhkan sebagai salah satu mesin berteknologi tepat guna? Itu merupakan salah satu pertanyaan yang akan dibahas pada permulaan artikel ini. Selanjutnya artikel ini akan memberikan gambaran umum tentang konstruksi mesin penghancur kertas dengan sistem pemotongan zig-zag. Pembuatan konstruksi mesin tidak lepas dari hasil perancangan mesin yang dirangkum dalam bentuk spesifikasi mesin. Pembahasan lebih lanjut tentang perancangan mesin dapat dilihat pada artikel berjudul Perancangan Mesin Penghancur Kertas, sedangkan konstruksi mesin beserta komponen-komponen mesin yang lebih detail dapat dilihat pada artikel berjudul Spesifikasi Mesin Penghancur Kertas.

Artikel ini juga memberikan penjelasan tentang konsep dasar pemotongan zig-zag dan prinsip kerja mesin penghancur kertas. Kedua hal ini merupakan landasan utama dalam membuat konsep desain atau konsep perancangan mesin. Pada bagian akhir artikel ini akan disajikan cara pengoperasian mesin penghancur kertas yang telah dibuat sesuai hasil perancangan mesin dan spesifikasi mesin yang telah ditentukan.  

Pentingnya mesin penghancur kertas

Kita sudah memaklumi dan merasakan kebutuhan akan kertas, bahkan penggunaan kertas di dunia saat ini telah mencapai angka yang sangat tinggi. Indonesia dengan kekayaan sumber daya alamnya berpotensi menjadi produsen pulp dan kertas terbesar di dunia. Permasalahannya adalah produsen pulp dan kertas di tanah air pada umumnya menggunakan kayu hutan sebagai bahan baku. Eksploitasi hutan yang terus menerus akan menimbulkan banyak permasalahan terutama penggundulan hutan dan semakin menipisnya cadangan kayu dan luas hutan di Indonesia. Dampak lebih jauh tentunya akan mempengaruhi kondisi lingkungan hidup, baik secara regional, nasional bahkan global. Oleh karena itu, perlu dicari alternatif bahan baku lain yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku pulp dan kertas, salah satunya adalah melalui proses mendaur ulang kertas bekas.

Pemakaian kembali kertas bekas sebagai bahan baku kertas juga merupakan alternatif untuk mengatasi kelangkaan dan semakin mahalnya bahan baku kertas dari pulp asli. Kertas bekas dapat dikumpulkan dari berbagai sumber antara lain perkantoran, rumah tangga, pembuangan sampah, dan lain-lain. Kertas bekas merupakan salah satu sumber serat yang potensial dan mempunyai prospek ekonomis tinggi. Sebelum menjadi bahan baku, kertas bekas terlebih dahulu dihancurkan menggunakan mesin penghancur kertas. Selain kertas yang sudah dihancurkan bisa lebih mudah untuk proses daur ulang, juga untuk di perkantoran kertas bekas terutama bekas dokumen-dokumen lebih aman untuk dibuang karena bisa terhindar dari penyalahgunaan dokumen. Sampai disini kita dapat menyimpulkan bahwa mesin penghancur kertas ini sangat dibutuhkan untuk membantu mengatasi permasalahan kebutuhan kertas yang semakin tinggi melalui sistem daur ulang kertas.

Konstruksi Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas memiliki konstruksi yang bermacam-macam tergantung jenis sistem pemotongnya. Ditinjau dari segi sistem pemotongnya, ada dua jenis mesin penghancur kertas yang biasa digunakan yaitu sistem pemotong lurus dan sistem pemotong zig-zag. Sistem pemotong lurus menghasilkan kertas berbentuk mie, sedangkan sistem pemotong zig-zag menghasilkan kertas berbentuk cacahan. Namun dalam artikel ini akan dibatasi untuk mesin penghancur kertas dengan sistem pemotong zig-zag, karena sistem ini mampu menghasilkan potongan-potongan yang lebih kecil.
Konstruksi mesin penghancur kertas
Secara umum konstruksi mesin penghancur kertas dengan sistem pemotongan zigzag seperti terlihat pada gambar diatas. Mesin penghancur kertas terdiri dari tiga bagian utama yaitu konstruksi mesin, sistem transmisi dan sistem pemotong dengan bagian-bagian mesin sebagai berikut:
  1. Konstruksi mesin, yaitu bagian utama mesin yang berfungsi sebagai dudukan atau landasan bagi komponen-komponen mesin lainnya terutama komponen yang bergerak. Kosntruksi mesin terdiri dari rangka mesin, frame kanan, frame kiri dan frame cover. Rangka mesin adalah komponen mesin yang terbuat dari besi profile yang disambung melalui proses pengelasan berfungsi menyokong semua komponen mesin penghancur kertas. Frame kanan berbentuk plat, ditempel ke rangka mesin bagian kanan, berfungsi sebagai dudukan poros utama bagian kanan. Frame kiri juga berbentuk plat, ditempel ke rangka mesin bagian kiri, berfungsi sebagai dudukan poros utama bagian kiri sekaligus sebagai dudukan roda gigi utama dan dudukan motor listrik. Frame cover berbentuk plat yang ditekuk, ditempel pada frame kanan, berfungsi sebagai dudukan transmisi roda gigi lurus dan roda gigi helix. 
  2. Sistem transmisi, yaitu bagian utama mesin yang berfungsi sebagai pengantar putaran atau daya dari motor listrik ke sistem pemotong. Sistem transmisi terdiri dari transmisi roda gigi helix, transmisi roda gigi lurus dan roda gigi utama. Transmisi roda gigi helix berfungsi untuk meneruskan sekaligus menurunkan putaran langsung dari motor listrik. Mengapa dipilih roda gigi helix? karena roda gigi helix lebih aman dan mampu menahan gaya aksial dan radial pada putaran tinggi. (baca: perhitungan roda gigi helix ) Transmisi di lanjutkan oleh roda gigi lurus karena putaran sudah mulai rendah dan momen puntir sudah semakin besar. Transmisi roda gigi lurus dibuat dengan dua tingkatan dengan modul yang berbeda sesuai hasil perhitungan. Transmisi roda gigi lurus berfungsi meneruskan dan menurunkan putaran dari transmisi roda gigi helix ke roda gigi utama. Roda gigi utama terdiri dari dua buah roda gigi lurus yang berpasangan dengan ukuran (jumlah gigi dan modul) yang sama. Satu roda gigi dipasang pada poros utama bagian belakang dan kontak langsung dengan transmisi roda gigi lurus sebelumnya. Roda gigi yang lain dipasang pada poros utama bagian depan. Pasangan roda gigi utama pada poros ini menyebabkan kedua poros utama memiliki putaran yang berlawanan arah. (baca: perhitungan roda gigi lurus)   
  3. Sistem pemotong, yaitu bagian utama mesin yang berfungsi sebagai alat potong kertas pada arah vertikal dan arah horizontal. Sistem pemotong terdiri dari poros utama, pisau pemotong dinamis dan pisau pemotong statis. Poros utama berfungsi sebagai dudukan pisau pemotong. Poros utama berbentuk persegi pada bagian yang menjadi dudukan pisau pemotong dan berbentuk bulat pada kedua ujungnya yang menjadi dudukan bearing dan roda gigi utama. (baca: perhitungan poros) Pisau pemotong dinamis adalah pisau berbentuk bulat dengan 4 (empat) mata potong, diberi lubang berbentuk persegi ditengah, dipasang pada poros utama sehingga berputar mengikuti putaran poros utama. Pisau ini berfungsi sebagai pemotong kertas pada arah vertikal dan horizontal. Pisau pemotong statis adalah pisau berbentuk persegi, diberi lubang berbentuk bulat dan dipasang longgar pada poros utama sehingga bersifat statis (tidak berputar). Pisau pemotong statis berfungsi sebagai pemotong kertas pada arah horizontal dan sekaligus berfungsi sebagai spacer atau ring atau pembatas di antara pisau pemotong dinamis. 

Konsep dasar mesin penghancur kertas

Mesin penghancur kertas adalah alat yang bekerja dengan beberapa pisau pemotong pada dua poros utama yang berputar secara berlawanan arah untuk menghancurkan kertas yang masuk diantara dua rangkaian pisau. Jenis sistem pemotong kertas menggunakan sistem zig-zag yang menghasilkan bentuk potongan kertas persegi panjang.
Sistem pemotongan zigzag mesin penghancur kertas
Proses pemotongan terjadi pada arah vertikal dan arah horizontal. Pemotongan pada arah vertikal menggunakan konsep gaya geser atau menggunting yaitu kertas terpotong diantara dua pisau pemotong dinamis yang berputar  secara berlawanan. Pemotongan pada arah horizontal menggunakan konsep gaya sobek atau menekan yaitu kertas terpotong ketika kertas tertekan oleh ujung mata pisau dinamis pada pisau pemotong statis yang berfungsi sebagai landasan potong.

Prinsip kerja mesin penghancur kertas

Mesin penghancur kertas dirancang untuk bekerja berdasarkan tenaga atau daya yang diperoleh dari motor listrik. Daya dari motor listrik ditransmisikan ke sistem pemotong melalui transmisi roda gigi. Roda gigi yang digunakan pada sistem transmisi menggunakan roda gigi lurus dan roda gigi helix sehingga perbandingan putaran tidak memungkinkan untuk menggunakan perbandingan yang cukup besar. Untuk memperoleh perbandingan putaran yang cukup besar dirancang sistem transmisi secara bertingkat yaitu transmisi 1 menggunakan roda gigi helix, transmisi 2 dan transmisi 3 menggunakan roda gigi lurus. Melalui rangkaian sistem transmisi, daya motor dapat memutarkan sistem pemotong sesuai putaran yang diinginkan. Sistem pemotong menggunakan dua rangkaian pisau yang berputar secara berlawanan arah. 

Putaran pisau pemotong akan menarik kertas yang diumpankan melalui corong pengumpan pada cover atas. Kertas yang melewati pisau pemotong akan terpotong secara vertikal seperti tergunting oleh kedua dinding pisau, kemudian terpotong secara horizontal seperti tersobek oleh ujung pisau.

Cara kerja mesin penghancur kertas

Mesin penghacur kertas berfungsi untuk menghancurkan lembar kertas HVS ukuran A4, maksimum gramatur kertas 80 gms, maksimum 10 lembar per siklus dan menghasilkan potongan kertas berukuran 30 x 5 mm. Cara mengoperasikan mesin penghancur kertas meliputi:
  1. Pastikan kotak penampung telah terpasang dengan benar.
  2. Sambungkan kabel listrik pada terminal.
  3. Tekan saklar ON untuk menyalakan mesin.
  4. Ketika saklar ON, pisau akan berputar, jangan sekali-kali memasukan benda-benda yang terbuat dari logam atau benda keras lainnya pada sistem pemotong.
  5. Masukan kertas HVS ukuran A4 yang akan dihancurkan maksimal 10 lembar per satu kali proses.
  6. Jika terjadi kemacetan, tekan saklar pada posisi REV maka pisau akan berputar sebaliknya, ambil kembali kertas yang akan dihancurkan. Kemudian tekan saklar ON dan masukan kembali kertasnya.
  7. Kertas yang telah hancur akan berkumpul di kotak penampung.
  8. Matikan saklar dengan menekannya ke posisi OFF.
  9. Keluarkan kertas yang telah dihancurkan, jika di kotak penampung telah penuh.
Demikian sedikit penjelasan tentang Mesin Penghancur Kertas dengan Sistem Pemotongan Zigzag. Jika ada kekeliruan dalam mengemukakan konsep, penggunaan rumus yang kurang cocok atau kesalahan dalam pengetikan, silahkan memberikan komentarnya di kolom yang telah disediakan.

Related Posts:

3 Responses to "Mesin Penghancur Kertas dengan Sistem Pemotongan Zigzag"

  1. http://quantumvisionsystemreview.com/dow-focus-group-review-does-it-work-or-scam/

    How to break into the exciting and profitable business of trading binary options. Although binary options trading can be said to be a simple way of trading currencies, one needs an approach and planned entry into this opportunity to succeed almost from the beginning rather than down the road after a multitude of lost trades. This is what the writer's goal is for the reader of this article.

    http://innertradingcirclereviews.co/dow-jones-focus-group-review/

    ReplyDelete
  2. trimakasih jazakumulloh kutunggu info lain nya

    ReplyDelete
  3. link diatas yang bertautan dengan mesin shredder udah fail bang, gak bisa di buka.

    www.hermanuloh.com/2012/04/perancangan-mesin-penghancur-kertas.html

    ReplyDelete