Pendekatan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Dalam Rangka Merumuskan Strategi Operasi Pengembanganperusahaan PT. Growth Pamindo

Dalam dunia bisnis, strategi adalah pola tindakan utama yang dipilih untuk mewujudkan visi organisasi melalui misi. Sedangkan strategi operasi adalah suatu pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan merupakan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi-strategi yang akan dijalankan dalam rangka pengembangan perusahaan dengan menganalisis faktor­ faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi operasi, kemudian membuat matriks-matriks analisis dan merumuskan strategi operasi yang akan dijalankan perusahaan.
Perumusan strategi operasi dengan menggunakan pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dilakukan melalui penerapan metode pengambilan keputusan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk para ahli dalam perusahaan. Formulasi strategi tersebut meliputi:
1.         Analisis awal, yaitu analisis data internal dan data eksternal perusahaan. Tujuan dari analisis eksternal (external audit) adalah membuat daftar ancaman-ancaman dan peluang-peluang yang akan dihadapi perusahaan. Analisis lingkungan eksternal meliputi: bidang ekonomi, sosial budaya, demografi, dan lingkungan alam, bidang politik, pemerintahan, dan hukum, bidang teknologi dan bidang kompetitif. Tujuan dari analisis internal (internal audit) adalah membuat daftar kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan kunci internal perusahaan. Analisis internal ini meliputi; proses, kapasitas, sediaan, mutu dan tenaga kerja.
2.         Tahap Input, yang meliputi:
-           Pembuatan Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, yaitu ringkasan dari audit manajemen strategis internal. Alat formulasi strategi ini merangkum dan mengevaluasi kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan utama.
-           Pembuatan External Evaluation Matrix (EFE) Matrix, yaitu ringkasan dari audit manajemen strategis eksternal. Alat formulasi strategi ini merangkum dan mengevaluasi peluang dan ancaman utama.
3.         Tahap Penyesuaian, yaitu Informasi yang diperoleh dari ketiga matriks pada tahap input sebelumnya digunakan sebagai informasi input dasar pada tahap penyesuaian. Langkah-langkah dalam tahap penyesuaian ini adalah:
-        Pembuatan Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) Matrix, merupakan salah satu alat yang penting untuk membantu manajer mengembangkan empat tipe strategi: Strategi SO, Strategi WO, Strategi ST, dan Strategi WT.
-        Pembuatan Internal-External (IE) Matrix, yang memposisikan berbagai dimensi organisasi dalam sembilan sel, di mana masing-masing sel memiliki strategi masing-masing.
4.         Tahap Keputusan, yaitu teknik analisis dengan pendekatan kuantitatif yakni Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Teknik ini secara objektif mengindikasikan alternatif strategi yang terbaik.
Hasil penelitian menunjukan nilai untuk matriks IFE adalah 2,79 yang berarti  operasi perusahaan memiliki kemampuan rata-rata dalam segi internal. Sedangkan nilai matriks EFE  adalah 2,47 yang berarti juga operasi perusahaan memiliki kemampuan rata-rata dalam menghadapi  lingkungan eksternalnya. Dengan demikian, posisi operasi perusahaan berada pada sel V dari  matriks IE, dengan strategi pengembangan produk.
Dari matriks QSPM, strategi terpilih adalah mencari sumber bahan baku baru dan melakukan efisiensi penggunaan bahan baku untuk menekan harga dengan nilai total attractiveness 5,340.Oleh karena itu, dalam menghadapi persaingan, perusahaan dapat memproduksi dan mengembangkan produk pipa ductile yang mampu memenuhi spesifikasi tertentu yang diharapkan dengan memanfaatkan berbagai keunggulan kompetitif yang ada pada internal perusahaan dengan berfokus kepada penekanan biaya produksi melalui penggunaan bahan-bahan baku baru yang berasal dari sumber bahan baku baru yang memberikan tingkat efisiensi yang lebih tinggi sehingga pada akhirnya mampu memenangkan persaingan.

Disarikan dari: Jurnal Teknik Industri USU, Volume 7 No. 4  Hal 73-78 <Oktober 2006>

Related Posts:

0 Response to "Pendekatan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Dalam Rangka Merumuskan Strategi Operasi Pengembanganperusahaan PT. Growth Pamindo"

Post a Comment