Perancangan Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak Sistem Extruder

Perancangan Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak Sistem Extruder - Keberhasilan usaha peternakan sangat ditentukan oleh 3 faktor yang sama pentingnya, yaitu: breeding (pemulia biakan bibit), feeding (pakan) dan management (tata  laksana). Namun  jika  dilihat  dari  total  biaya  produksi  dalam  usaha peternakan,  maka kontribusi  pakan ternak adalah yang paling tinggi yaitu sekitar 75% nya.
Seiring dengan pesatnya peternakan di Indonesia, kebutuhan akan pakan ternak pun semakin tinggi. Kondisi ini menyebabkan munculnya permasalahan dalam pembuatan pakan ternak terutama pakan ternak jenis “Pelet“. Pelet merupakan suatu pakan ternak yang mempunyai komposisi cukup kompleks. Komposisinya adalah tepung ikan, tepung jagung, tepung bekatul, tepung dedak, ampas tahu, vitamin yang dicampur menjadi satu. Kondisi saat ini, penyampuran bahan pelet tersebut ada yang masih menggunakan cara manual yaitu pengadukan dengan menggunakan tangan dan ada juga yang menggunakan mesin pengaduk (mixer).
Pengadukan secara manual menghasilkan pelet yang kurang homogen jika dibandingkan dengan menggunakan mesin pengaduk (mixer). Namun dari kedua cara tersebut, pelet yang dihasilkan berupa gumpalan tidak beraturan dan jika sudah mengering gumpalan yang terlalu besar harus diolah kembali atau dihancurkan. Oleh karena itu penulis membuat  Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak Sistem Extruder” dimana pelet yang dihasilkan berupa butiran-butiran kecil yang homogen.
Prinsip Kerja Mesin Pembuat Pelet
Prinsip kerja mesin Pembuat Pelet ini adalah motor menggerakkan pulley, kemudian pulley tersebut dihubungkan dengan poros utama. Pada poros utama diletakkan Screw Extruder yang berfungsi mendorong campuran bahan baku pelet pakan ternak. Bahan baku pakan ternak di masukan melalui Hopper yang mengarah ke Screw Extruder. Di dalam Screw Extruder, bahan baku pelet akan teraduk dan terdorong kesaringan pencetak dan keluar melalui Corong Outlet dalam bentuk butiran-butiran pelet.
Konstruksi Mesin Pembuat Pelet
Secara umum konstruksi Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak
Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak

Bagian-Bagian Utama Mesin Pembuat Pelet
Bagian-bagian utama Mesin Pembuat Pelet adalah sebagai berikut:
1.         Dudukan Mesin, berfungsi sebagai konstruksi utama yang menyokong semua komponen dan sistem yang bekerja pada Mesin Pembuat Pelet
2.         Sistem Transmisi Puli, berfungsi sebagai penerus daya berupa putaran dari motor listrik ke poros utama atau screw extruder.
3.         Hopper, berfungsi sebagai pengumpan bahan baku pakan ternak agar terarah menuju Screw Extruder.
4.         Poros Utama, berfungsi sebagai penyokong Screw Extruder
5.         Screw Extruder, berfungsi sebagai pengaduk dan pendorong bahan baku pakan ternak agar tercampur dengan baik dan bergerak menuju saringan pencetak pelet.
6.         Housing Screw, berfungsi sebagai dudukan Screw Extruder dan pengarah bahan baku pakan ternak agar dapat teraduk dan terdorong oleh screw extruder dengan sempurna.
7.         Saringan Pencetak Pelet, berfungsi sebagai saringan yang mengubah campuran bahan baku pakan ternak yang telah diaduk menjadi butiran-butiran pelet yang homogen.
8.         Corong Outlet, berfungsi sebagai pengarah butiran-butiran pelet yang keluar dari mesin.
9.         Motor Listrik, berfungsi sebagai penggerak utama sistem mesin.
Komponen Analisis
Sesuai dengan bagian-bagian utama Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak, maka ada beberapa komponen mesin yang kritis sehingga memerlukan analisis perhitungan yang lebih detail diantaranya:
1.         Mementukan besarnya daya motor yang dibutuhkan dalam proses pembuatan pelet pakan ternak untuk kapasitas 100 kg/jam
2.          Menentukan ukuran dan kekuatan puli penggerak dan puli yang digerakkan.
3.         Memilih sabuk V (V-belt) yang sesuai dengan besarnya daya yang ditransmisikan.
4.         Menentukan ukuran dan kekuatan screw extruder.
5.         Memilih bantalan yang sesuai dengan beban extruder.
6.         Menghitung kekuatan dan keseimbangan konstruksi mesin.

Related Posts:

2 Responses to "Perancangan Mesin Pembuat Pelet Pakan Ternak Sistem Extruder"

  1. nice post, thanks

    ReplyDelete
  2. Heat treatment furnace design includes the calculation of power requirement, wall furnace design, heater design, determined of thermo-couple and thermo-control, design of boogie system and door system.

    ReplyDelete